4 Kluster Kuliner Yujiyem

Tak hanya kota pendidikan, Jogja juga terkenal sebagai kota kuliner. Sebagai warga negara, pastinya sudah tak asing dengan gudeg. Tapi sebagai mahasiswa 4 tahun (lebih dikit) masih banyak jenis hidangan (cuisine) yang layak dinikmati di kota pelajar.

Oh ya, sebelumnya kampus gua terletak di wilayah Kabupaten Sleman buka Kota Yogyakarta. Kadang disebut Universitas Gudang Mantu, tapi lebih sering disebut Yujiyem. Kampus gua sendiri terbagi dalam empat kluster, ada Medika, Saintek, Agro, dan Soshum (Sosial Humaniora).

Tak hanya karena harganya yang ‘mahasiswa’ banget tapi juga sering dijadikan tempat nongkrong para aktipis. Mereka yang sering butuh diskusi hingga pagi hari juga sekalian cari wifi. Walau kadang pesennya cuma semangkuk indomie. Daftar kuliner kali ini gua rangkum dalam bentuk kluster menu utamanya. Setiap kluster memiliki warung unggulan yang asli rame banget . Nah berikut kluster kuliner di sekitar Yujiyem.

  1. Kluster Burjo

Kluster ini jadi bukti kuat apa itu ‘Kapitalisme’. Salah satu perusahaan swasta (non-BUMN) besar yang menguasai lapak per-burjoan ini adalah Warmindo (Warung Makan Indomie). Warung yang juga sering menyelamatkan mahasiswa di akhir bulan ini memang tersebar seantero gang sepanjang kampus. Identik dengan tembok hijau dan garis merah-kuning.

Bedanya dari lampu jalan adalah Warmindo ini membuat sebagian orang berhenti sekedar untuk mencicipi intel (indomie telor) dengan kuah panas dan segelas es teh. Tak cuma buat mengenyangkan perut tapi juga pikiran, rasa haus akan isu solusi seputar kebijakan kampus yang memang tak pernah ada ujungnya.

2. Kluster Penyetan

Kalau yang satu ini paling enak dinikmati saat sore hingga malam hari. Bersama sambal serta berbagai daging, tempe, tahu, kubis, dan terong krispi yang ditemani dengan nasi hangat menjadi perpaduan yang tiada tara. Terdapat empat perusahaan besar yang sudah lama berkecimpung dalam kluster ini.

Mereka dalah Penyetan Mas Kobis, Ayam Preksu, Geprek Pak Wage, Geprek Bu Rum, dan Geprek Bu Made dengan kuah tongsengnya. Ada juga beragam penyetan lain seperti Kolam Ikan Sendowo, Penyetan Bu Eni Blimbingsari, serta 4T Swakarya. Walaupun ada yang digeprek dan dipenyet, esensinya tetap sama, yaitu mencampur sambal di atas lauk panas.

3. Kluster Bumbu Kacang

Beberapa menu yang terkenal adalah lotek. Lotek ini memang mejadi khas Jogja. Kluster ini terbilang paling sehat di antara kluster lainnya, karena mengandung campuran sayur-sayuran yang lumayan banyak. Bersama sedikit kencur dan sambal kacang juga lontong, telur, dan gorengan menjadikan lotek cukup mengenyangkan.

Biasa disantap saat siang hari. Beberapa warung rekomendasi kawan terbilang cukup terjangkau, misal lotek Pojok (belakang apotek Yujiyem), lotek Bu Bagyo (cabang Concat dan Terban), serta lotek Terban terkenal dengan sayur yang banyak. Selain lotek juga ada produk unggulan lain seperti batagor dan siomay. Selain siomay Kang Cepot di Jakal, ada juga Siomay Pak Kadim dengan harga lebih merakyat tapi rasanya tetap nikmat.

Menu lain yang wajib dicoba juga adalah sego pecel. Kalau yang pernah berkuliah di Yujiyem pasca kemerdekaan pasti kenal dengan SGPC Bu Wiryo 1959 di daerah Klebengan. Walau harga berbanding lurus dengan kenangan, semakin lama semakin mahal tapi tetap wajib dicoba.

4. Kluster Mie Ayam

Ngomongin Mie Ayam, pasti gak jauh dari bakso. Bagi pecandu mie ayam Jogja nama Bu Tumini bukan lagi hal asing. Walau jaraknya bukan lagi disekitar kampus, tapi memang ini menjadi sasaran pelancong luar dan dalam Jogja. Rasa yang manis dan gurih akan menjadikan makan siangmu berbeda. Selain itu ada pula warung unggulan lain seperti, Bakso Pak Ateng Swakarya, Mie Ayam Pojok Teknik, serta Mie Ayam Jamur Blimbingsari yang rasanya mirip Yamie Panda.

Nah itu tadi keempat kluster kuliner paling wajib dicoba kalau suatu hari nanti kalian berkesempatan mencicipi jalanan Jogja, eh maksudnya jajanan. Gua berdoa buat para gamada yang masih stay di Jogja ataupun yang masih berada di rumah semoga diberikan kesehatan dan kelancaran dalam menjalankan perkuliahan besok.

Nikmati dan tetap kembangkan potensi kalian di kampus biru tercinta. #SalamJogjajanan

--

--

--

-Food Studiest Enthusiast, Nutritionist Student. 24/7 eating and writing, but still have normal life.

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
adibah amanto

adibah amanto

-Food Studiest Enthusiast, Nutritionist Student. 24/7 eating and writing, but still have normal life.

More from Medium

These effective and useful tools are indispensable for capitalizing on opportunities in the NFT…

How to analyse transposons with Transposon Ultimate (Part 5)

CS371p Spring 2022: Max Thomas: Final Entry

These ‘Utility NFTs’ Look to Gamify Rainforest Protection