Notulensi: Kepemimpinan Profetik (Rumah Kepemimpinan Jogja)

Hukum Perubahan

Kenapa penting membahsa hokum perubahan karena pada dasarnya manusia lahir untuk mengelola perubahan. Setiap hari pasti mengalami perubahan, tinggal apakah perubahan yang terjadi menuju kebaikan atau sebaliknya. Potensi yang keluar bagaimana mengolahnya.

Jika gagal mengolah potensi maka hanya menjumpai hari yang biasa saja bahkan bisa menemui hari yang makin buruk semua terkait dengan pilihan yang dibuat manusia dalam hidup. Semakin baik pilihan yang kita buat maka perubahan nya makin baik. Pilihan menentukan nasib kita dikemudian hari. Yang tumbuh seharusnya karakter kebaikan. Hari hari seharusnya untuk mengelola kebaikan dan mengelola hukum perubahan.

Kaitannya dengan ideology dan metodologi. Al quran menceritakan bahwa ideology terbaik adalah ideology islam Laa Ilaa ha Illallah. Para nabi mengajarkan tauhid. Kita akan menjadi raksasa bersama Allah yang maha besar jika menempatkan Allah sebagai factor pengerak kita. Para nabi membawa syariat Tauhid pada para pemeluknya. Tauhidnya sama syariatnya berbeda. Ketika bergabung pada Islam maka seluruh dunia sama. Kita diciptakan untuk mengelola Tauhid.

Kenapa zaman Rasul dan para sahabat mampu cepat bangkit dan mengalahkan romawi dan Persia dalam waktu cepat tanpa sumber daya alam yang mumpuni dan minim persenjataan dan ilmu pengetahuan? Namun mereka mampu mengalahkan kedua Negara tersebut. Yang membedakan kita dengan para generasi terdahulu adalah

1. Para sahabat Rasul melaksanakan islam bukan hanya sebagai pengetahuan namun sebagai ideology dan way of life sehingga mampu mengalahkan pusat kebudayaan dunia. Untuk membangkitkan islam masa kini maka terapkan islam pada segala sisi kehidupan. Jangan menjadi orang baik ketika hanya dilingkungan baik saja namun dimanapun

2. Pelajari ideology yang kita punya. Karena nanti kita akan menjumpai competitor ideology lain.

Pada zaman nabi musa bangsa Israel, mereka bangsa yang kuat namun karena itu Israel menjadi kufur. Masa kini para pemimpin seorang zionisme. Yahudi mengisi posisi vital dunia. Bangsa yahudi dimanapun mereka memiliki kreatif minority, namun mereka bukan berjuang oleh Allah. Mereka merasa lebih baik dari siapapun. Yahudi memanfaatkan fase ilmuan mereka membelokkan ilmu menjadi sekedar materialism menjadi kapitalisme dan marxisme. Memanfaatkan renasains menjadi kerajaan. Yang menjadi masalah, jangan sekali kali mempelajari ideology lain tanpa mempelajari ideology islam. Islam tidak memiliki kejelekan, ideology lain menyimpan kerusakan. Jangan jadi sekedar pelaksana ideology. Umat islam memiliki inveriority complex, merasa rendah diri. Mereka menganggap bangsa barat sebagai superior sehinga ditiru. Jika ingin menjayakan islam baca sejarah, bagaimana islam bangkit dan bagaimana islam runtuh. Yang membuat inveriority complex salah satunya karena penjajahan. Bukannya menjadi bangsa global leaders dan global travelers malah pergi kepedalaman. Berinteraksilah dengan orang paling kiri dan paling kanan. Buku dari Syeikh Yusuf Qardhawi, kita harus belajar dari sejarah. Sejauh mana posisi kita dalam posisi percaturan dunia. Kita harus belajar sejarah untuk menciptakan sejarah kita. Beliau menciptakan engine of gold. Belajar dari beberapa keberhasilan dan kegagalan baru beralih ke abad 21. Sebagai kesimpulan akhir, jika ingin menjunjung tinggi Negara kita maka pelajari politik internasional. Untuk menghadapi politik internasional adalah memiliki jaringan internasional. Pergilah ke pusat peradaban. Namun tetap disesuaikan dengan ideology islam. Dalam dunia internet of things ini setiap orang bisa enjelajahI dunia. Kita harus hidup dan rasakan mengapa Negara kita tertinggal. Pelajari dan kembalikan pada Indonesia. Kalahkan hambatan pertama, yaitu ketakutan. Jangan takut untuk membuka gembok yang kita buat sendiri. Saat kecil nabi menjadi pedagang bersama Khadijah, hal itu yang membuat pengalaman penting. Slaah satu yang membuat islam jaya karena banyak yang melakukan perdagangan ke pusat kebudayaan.

Jika kita ingin menjayakan islam jadilah global leader. Kita tidak akan pernah mejadi pemimpin profetik tanpa menantang zona aman kita sendiri tantang batasan kita pada diri sendiri. Selama dinegara ada masjid maka bantuan Allah akan dating dari manapun. Mulai dari sekarang jadilah global leader. Ketika pergi keluar negeri tetap terapkan ROOM-PK. Ingat asal jati diri kita.

Rahasia dari kehidupan kita, sesungguhnya Allah tidak akan merubah suatu kaum hingga kaum tersebut mengubah diri sendiri. Manusia akan tetap mengalami perubahan. Penting bagi kita untuk mengerti perubahan hingga menjadi director of change. Allah sudah menciptakan bumi, langit dan anatara keduanya Sejarah adalah refleksi jiwa para pemimpin dan petarung pada masa itu, jangan lihat fenomena dan gejala, tapi pelajari refleksinya

Innallaha, Allah sebagai factor penentu sejarah. Allah selalu terlibat dalam setiap proses kehidupan karena kita selalu menjadi lemah disbanding kekuatana yang sudah ada, Betapa banyak kaum yang sedikit mengalahkan kaum yang banyak. Karena orang kreatif minority percaya dan berjuan bersama Allah. Jika ingin mengubah bangsa kita temukan visi keilahiyahan. Materi yang menyebabkan alat perubahan.

Kausalitas material menjadi sumber peradaban marxis dan kapitalis. Marxis bilang alat produksi harus dikuasai Negara, Kapitalis dikuasai perusahaan. Islam menerapkan kausalitas transcendental, the moment of truth percaya pada Allah. Keimanan menjadi factor penting.

Jika ingin mengubah diri orang lain maka lakukan self reconstruction. Perbaiki diri, lakukan kesadaran diri. Guru, ustadz, bukan yang mengubah namun hanya katalisator. Sehingga ketika lulus hari hari kita adalah hari penuh perjuangan. Adakan self talk pada diri sendiri yang kemudian megubah masyarakat hingga mewujudkan islam rahmatan lil alamin. Dengan self reconstruction kita baru bisa mengeluarkan semua otensi kita. Kita memiliki modal yang sama untuk mengelola perubahan. Yang membedakan adalah sukses mampu merekonstruksi hati, pikiran, panca indra untuk memanfaatkan potensi.

Pelajari NLP. Tubuh dikontrol jiwa dan akal pikiran. Program diri kita yang tidak ada batasnya. Pupuk energy transcendental. Jati diri adalah the power of end. Kalau mau pasti bisa. Lawan ketakutan anda.

Nabi Muhammad dalam membangun kekuatan :

1. Kesatuan visi dan orientasi hidup

2. Semangat persatuan dan solidaritas

3. Kemandirian dalam bidang ekonomi

4. Kedaulatan politik umat

Jadikan masjid sebagai tempat yang paling sering anda kunjungi. Saling dipersaudarakan. Tantangan terbesar kita adalah kemandirian dalam ekonomi. Ketika memiliki kemandirian dalam bidang ekonomi maka akan selamat. Catatan besar dalam pergerakan islam adalah tidak mandiri dalam islam.

Allah menitipkan setu pesan pada kita, jika kita menghendaki perubahan namun tidak sejalan dengan sunatulah, seberapa maju kita makan kita akan menjadi kaum yang musnah. Selama ada orang yang melakukan humanisasi, liberalisasi dan transendensi maka arah perubahan akan selalu menuju ke Allah.

Prinsip perubahan :

1. Dalam diri, dari diri, dan kemaslahatan diri

2. Dalam diri, sadar secara hakiki . Buka gembok yang menghalangi kemajuan

3. Dari diri, jangan menyalahkan orang lain, namun salahkan diri sendiri tugas kita bukan menyalahkan diri sendiri namun menemukan kesalahan dan perbaiki

Memaknai semangat perubahan. Jangan bangun jembatan pemisah, harus bergaul pada semua orang. Jadi pemimpin profetik untuk semua golongan. Bangun jembatan bersama orang baik . Indonesia tidak akan menjadi bangsa besar sebelum membangun kebaikan. Perintah bersabar adalah pada orang baik, senantiasa istiqomah. Buat scenario planning.

The best organization are the best collaborator

1. Muslim produktif

2. Aktivis pergerakan

3. Mahasiswa berprestasi

4. Kebersamaan dan kekeluargaan

If learning the truth is the scientist’s goal then he must make himself the enemy of all that he reads

-Al Hasan Ibn Al-Haytham –

Learning from the past. Take my chance now or never. I can when I Believe. Truth our destiny, percaya pada takdir. Dimasa sulit kita akan maju. Kerja keras dari sekarang. Explorasi

--

--

-Food Studiest Enthusiast, Nutritionist Student. 24/7 eating and writing, but still have normal life.

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
adibah amanto

adibah amanto

6 Followers

-Food Studiest Enthusiast, Nutritionist Student. 24/7 eating and writing, but still have normal life.