Seitan Satu Ini Memang Enak,

Gak semua seitan itu jahat, ada juga seitan yang bisa membantumu hidup sehat. Nah, seitan yang satu ini tak asing di kalangan vegetarian. Makanan alternatif pengganti daging ini terbuat dari gluten gandum yang sudah dibersihkan patinya sehingga hanya menyisakan protein pada saja.

Istilah seitan sendiri berasal dari bahasa Jepang yang berarti terbuat dari protein. Makanan ini mulai tersebar ke dunia internasional sejak tahun 1960-an oleh George Ohsawa. Seitan juga sudah dikenal persebarannya di negara seperti Kore, Rusia, bahkan Timur Tengah.

Walaupun begitu seitan awal dikonsumsi oleh raja zaman kerajaan di Tiongkok sebagai menu diet vegetariannya. Kemudian seitan pun banyak dikonsumsi oleh para penganut ajaran Budha di Tiongkok yang menghindari makanan dengan bahan daging.

Organoleptiknya pun sangat mirip dengan daging dan tektur padat mampu menyerap bumbu dan rempah. Sehingga seitan bisa dimasak menjadi banyak macam olahan. Khusus bagi penderita alergi gluten, konsumsi seitan tidak disarankan.

Dengan bahan utama gandum membuat seitan ini memiliki kadar protein tinggi (high protein) hingga 3x tahu dan lemak yang rendah. Protein berguna untuk membantu proses pertumbuhan dan perkembangan. Kandungan air seitan juga 15x lebih rendah dari produk daging.

Proses pembuatan seitan 10x lebih hemat energi dibandingkan produksi daging sehingga lebih ramah lingkungan. Seitan juga dipercaya sebagai no-GMO food karena berasal dari bahan alami tanpa modifikasi genetik.

Jason wirobel, seorang pakar kuliner dari Sweet Earth Natural Food, mengatakan seitan mengatakan seitan adalah sumber protein terbaik di planet karena mengkombinasikan kandungan tinggi protein, rendah lemak, rendah kolesterol, dan rendah karbohidrat.

Sebuah penelitian juga menyebutkan penambahan ragi nasi merah (red yeast rice) pada seitan, salah satu bahan tradisional dari Cina, dapat meningkatkan ketertarikan warna, serta regulasi serum kolesterol dan trigleserida pada konsumen.

https://www.plantful.id/blog/2020/02/6-pengganti-daging-untuk-vegan

https://www.idntimes.com/food/diet/fina-wahibatun-nisa/7-fakta-unik-tentang-seitan-makanan-sehat-yang-mirip-daging/7

Mal’a, P. 2010. Organoleptic Evaluation of Poultry Meat Products with Wheat Protein-Seitan, Coloured by Microbial Natural Pigment. Biological and Enviromental Sciences, Vol. 4 No I. 1–5, Assam Universituy Journal of Science &Technology.

--

--

-Food Studiest Enthusiast, Nutritionist Student. 24/7 eating and writing, but still have normal life.

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
adibah amanto

adibah amanto

6 Followers

-Food Studiest Enthusiast, Nutritionist Student. 24/7 eating and writing, but still have normal life.